Jumat, 22 Juli 2011

PERADABAN BAHASA INDONESIA DI MATA DUNIA

PERADABAN BAHASA INDONESIA DI MATA DUNIA

       Kehidupan manusia dimuka bumi ini tidak pernah lepas dari suatu bahasa, berawal dari ucapan dan tulisan kita semua mengarah dalam satu tujuan yaitu komunikasi. Secara menyeluruh bahasa merupakan aspek terpenting dalam berkomunikasi, tanpa bahasa manusia tidak akan bisa saling berkomunikasi dan bekerjasama. Perkembangan bahasa di Indonesia saat ini sangat pesat, karena banyaknya gaya bahasa yang digunakan oleh para muda mudi khususnya bahasa bahasa yang berkombinasi dengan bahasa asing biasa disebut bahasa gaul. Bahasa itu berkesinambungan dalam aspek ucapan maupun tulisan, hal yang paling pokok dalam memahami bahasa adalah mengerti dan memahami bahasa yang sedang kita gunakan, khususnya bahasa daerah yang telah banyak bercampur baur dengan bahasa Indonesia, jika kita tidak mau tau tentang bahasa itu sendiri maka akan menimbulkan perselisihan.
      Saat ini bahasa Indonesia memiliki banyak kosakata kosakata baru yang muncul akibat kemajuan IPTEK sehingga memberi keuntungan guna memperkaya bahasa Indonesia secara keseluruhan. Keanekaragaman bahasa daerah yang ada di Indonesia menjadikan wadah penelitian untuk mengkaji dan memperkaya bahasa Indonesia yang ada pada saat ini khususnya bidang linguistik. Bahasa Indonesia termasuk dalam rumpun bahasa Melayu ternyata berada pada urutan ke 7 dengan jumlah penutur sekitar 259 juta orang. Hitungan kasar ini didapatkan dari perkiraan jumlah penduduk Indonesia tahun 2009 yang mencapai 230 juta jiwa ditambah penduduk Malaysia 28 juta, penduduk Brunei 388 ribu serta sebagian kecil penduduk Thailand, Singapura dan Timor Timur. Jumlah ini mungkin bisa bertambah karena sejak tahun 2007 Bahasa Indonesia telah ditetapkan sebagai bahasa resmi kedua di Vietnam.
Fakta menarik tentang Bahasa Indonesia
• Bahasa Indonesia menduduki peringkat 3 di Asia dan peringkat ke 26 di dunia dalam hal Tata bahasa terumit di dunia.
• Bahasa Indonesia juga mendunia di dunia maya, buktinya wikipedia berbahasa Indonesia telah menduduki peringkat 26 dari 250 wikipedia berbahasa asing di dunia dan peringkat 3 di Asia setelah bahasa Jepang dan Mandarin, selain itu bahasa Indonesia menjadi bahasa ke 3 yang paling banyak digunakan dalam postingan blog di wordpress (sumber : Wikipedia).
Bukan hal yang mustahil jika suatu saat bahasa Indonesia menjadi bahasa peradaban bagi bangsa di dunia. Bila dikaji dari segi struktur dan pembacaan bahasa Indonesia merupakan bahasa yang sangat mudah dipelajari. Bahkan di negara Australia bahasa Indonesia sudah dijadikan sebagai mata pelajaran tambahan di sekolah dan menempati bahasa populer keempat di Negara tersebut. Kita sebagai bangsa Indonesia sudah sepantasnya bangga karena bahasa kita dipelajari bangsa lain. Tapi masih pantaskah jika rakyat Indonesia sendiri menyepelekan khaidah bahasa Indonesia dengan mencampuradukkan bahasa Indonesia dengan bahasa lain tanpa mengindahkan aturan yang berpedoman kepada bahasa yang baik dan benar?
      Cukup disayangkan, ketika zaman semakin maju dan adanya efek globalisasi, Bahasa Indonesia kini sudah beradaptasi dan bertransformasi menjadi bahasa yang biasa di sebut bahasa gaul. Jika kita bertanya bahasa Indonesia saat ini menjadi bahasa gaul, disebut kemajuan atau kemunduran ya?.entahlah. Ketika dunia mulai melirik tentang bahasa Indonesia, kita sebagai pemilik syah bahasa Indonesia sudah seharusnya menggunakan bahasa Indonesia dengan berpedoman pada khaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar agar tidak ada perselisihan dalam penggunaannya. Semoga bahasa Indonesia yang ada pada saat ini semakin disempurnakan dengan adanya peradaban bahasa Indonesia di mata dunia.








ARTIKEL
PERADABAN BAHASA INDONESIA DI MATA DUNIA
Dosen pengampu : Bapak Mulyono, Spd.


NAMA HASRUL RAHMAN
NIM 09003275
KELAS E
PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN
Yogyakarta
2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar